Logo_SMADA

Pramuka

Pramuka menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Dimana beberapa sekolah mewajibkan seluruh siswanya untuk mengikuti Pramuka satu kali dalam satu minggu. Ada beberapa alasan kenapa Pramuka dijadikan ekstrakurikuler wajib, salah satunya karena sangat bermanfaat untuk masa depan. Bagaimana tidak, siswa yang ikut pramuka akan dilatih untuk mandiri, belajar bertanggung jawab, disiplin, berani, belajar menyelesaikan masalah serta mencintai sesama manusia alam dan lingkungannya.

SMA Negeri 2 Rembang Ambalan Gajah Mada & RA.Kartini Gudep 09-003 / 09-004 selalu aktif mengadakan kegiatan ekstrakurikuler pramuka setiap hari Jum’at sepulang sekolah. Dengan durasi latihan kurang lebih selama 2 jam dari pukul 14.30 – 16.30 WIB. Pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib bagi kelas X. Untuk kelas XI ekstrakurikuler ini merupakan ekstrakurikuler pilihan bagi yang berminat menjadi Dewan Ambalan (DA). Gerakan pramuka diharapkan mampu membangun citra positif gerakan pramuka kedepannya bagi para peserta didik kedepannya. Sumber daya manusia yang mampu mengajak kita semua untuk terus berusaha menjadi individu yang berkualitas, memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu berkontribuisi positif bagi masyarakat dan bangsa. Semangat pramuka memberikan landasan yang kokoh dalam mengembangkan karakter dan ketrampilan kita.

Nilai – nilai dari Trisatya dan Dasa darma pramuka dari pertama sampai dasa darma yang kesepuluh yang meliputi ; Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, Patriot yang sopan  dan ksatria, Patuh dan suka bermusyawarah, Rela menolong dan tabah, Rajin, terampil dan gembira, Hemat, cermat dan bersahaja, Disiplin, berani dan setia, Bertanggung jawab dan dapat dipercaya, Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. Dengan demikian dapat di terapkan dalam kehidupan sehari – hari. Pendidikan kepramukaan memberikan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan kita untuk pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kita dapat belajar berorganisasi, kepemimpinan, kemandirian, percaya diri, hormat terhadap sesama, patuh dan santun terhadap orang tua, jujur, bertanggung jawab, dapat di percaya amanah serta takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dalam kegiatan ini peserta didik diharapkan mampuy menerapkan nilai – nilai yang terkandung dalam Trisatya dan Dasa Darma dalam kehidupan sehari – hari.

Hakikat dasar pendidikan kepramukaan adalah untuk meningkatkan penghayatan dan pengalaman nilai – nilai kepramukaan yaitu Satya dan Darma pramuka kepada peserta didik, sehingga mereka dapat dipersiapkan menjadi  kader pemimpin bangsa yang tangguh pada masa depan. Di dalam pramuka kita juga mengenal kegiatan yang bersifat menarik, menyenangkan, menantang. Hal ini dimaksudkan agar kegiatan – kegiatan yang di adakan lebih hidup dan mengakomodasi kebutuhan mental mereka, mengingat kepramukaan adalah sebagai kegiatan pendidikan di luar sekolah atau kegiatan ekstra kurikuler di luar sekolah. Gerakan pramuka sebagai organisasi kepanduan yang ditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak – anak dan pemuda Indonesia. Sebagai satu – satunya wadah yang menyelenggarakan berbagai program pendidikan kepanduan untuk membentuk kepribadian, watak dan budi pekerti generasi muda yang mampu menjawab tantangan bangsa dan negara pada masa depan.

Pendidikan Kepramukaan memupuk jiwa korsa atau daya  juang untuk masing – masing anggotanya. Dengan mengamalkan nilai – nilai dari Trisatya dan Dasa darma pramuka dari pertama sampai dasa darma Kegiatan pramuka di rancang sebagai alat pendidikan bagi anak dan pemuda Indonesia untuk menjadi generasi muda yang tangguh, menjadi generasi perekat dan siap membangun Negara Kesatuan  Republik Indonesia (NKRI). Bahwa Pramuka itu merupakan kepanjangan dari Praja Muda Karana yang mempunyai arti sekumpulan anak – anak muda yang suka berkarya. Gerakan pramuka merupakan program kegiatan yang bertujuan sangat mulia, yaitu mendidik generasi muda melakukan hal – hal positif sesuai dengan norma – norma yang berlaku di masyarakat, menyiapkan mental yang kokoh untuk menjaga keutuhan Indonesia. Dengan begitu anggota pramuka akan memiliki moral, mental dan budi pekerti yang bijaksana yang akan menjadikan manusia yang memiliki jiwa pancasila, setia dan patuh kepada Negara kita tercinta. Tumbuh dan berkembang menjadi sosok manusia penerus bangsa yang akan berguna dan bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara.

Pengumuman

SEMINAR MOTIVASI "KILA...
Doa Bersama Alumni "Ra...
Untuk Alumni

Agenda Sekolah

Upacara Peringatan Hari Pramuka...
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
Peringatan Kemerdekaan Republik...
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

Prestasi

EPTION TINGKAT NASIONAL
PORSIMAPTAR XXIII
LBB Putri
LBB Putra